Don’t judge a book by its cover


Janji adalah hutang, kalau tidak dibayar itu akan menjadikan dosa untuk kita. Dan saya kali ini akan mempertanggungjawabkan janji saya kepada sahabat baik saya. Sahabat yang selalu memotivasi saya, sahabat yang budiman, sahabat yang luar biasa, sahabat yang super… *meniru kata-kata mbah.Mario Teguh ^__^

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi/memberikan apa yang menjadi pemahaman saya, keyakinan saya, dan pemikiran saya. Yaitu tentang penilaian kita terhadap orang lain.

Manusia lahir ke dunia ini dalam keadaan suci (fitrah), setelah kira-kira 9 bulan berada di alam rahim sang bunda. Manusia lambat laun, dari kecil sampai dewasa pasti akan mengalami perubahan fisik, mental, sikap, dan perilaku. Ada manusia yang kaya, ada manusia miskin, ada yang baik dan ada yang jahat, ada yang rajin dan ada pula yang pemalas, ada yang pintar dan ada yang bodoh.

“Don’t judge a book by its cover” jangan menilai buku dari sampulnya…

Jangan menilai buku dari sampulnya, buku yang baik bukan dinilai dari sampulnya, tetapi dari isi buku tersebut. Sampul yang menarik, warna-warni, bukan berarti isi (intisari) baik pula.

Sama seperti halnya penilaian kita terhadap orang lain, orang yang baru kita kenal, bahkan orang yang sudah lama kita kenal. Tampang yang cantik–cakep, bukan jaminan orang tersebut memiliki sifat yang baik pula. Fisik yang dibilang mendekati sempurna, bukan berarti orang tersebut sempurna perilakunya. Pendidikan yang tinggi, bukan berarti lebih pintar dari lulusan SMA,bahkan SD.

“Penampilan bisa menipu” itulah kata teman saya.

Jangan tertipu dengan penampilan yang menarik (mirip ini, mirip itu), jangan tertipu dengan pendidikan yang tinggi, dan jangan tertipu dengan harta yang melimpah.

Ingatlah! Manusia dinilai oleh Allah SWT bukan dari ketampanannya, kecantikannya, kekayaannya, dan pendidikannya, melainkan dari IMANnya.

Apa artinya ketampanan, jika kita sering mempermainkan/menyakiti orang lain. Apa artinya kecantikan, jika kita sering menjelek-jelekkan orang lain. Apa artinya kekayaan, jika kita tidak mau zakat dan berbagi kepada orang yang membutuhkan bantuan kita. Dan apa artinya pendidikan tinggi, jika kita kikir atau tidak mau mengajarkan dan mengamalkan ilmu yang kita dapat kepada orang lain.

“Kita hidup di dunia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, janganmerasa yang paling pintar, jangan merasa yang lebih baik, dan tidak ada yang boleh merasa paling lemah… Kita semuanya sama dihadapan Allah SWT”

Sungguh disayangkan manusia yang dulunya baik, alim, dan rajin sholatnya, berani meninggalkan semua itu demi mengejar harta (kekayaan), meninggalkan keluarganya demi obsesi pribadi (dunia), berani durhaka kepada kedua orang tua demi wanita/lelaki dan harta. Bahkan mereka rela meninggalkan istri dan anak-anaknya demi perempuan lain, dan sebaliknya. Mari kawan, perbaiki iman kita, perbaiki agama kita, dan perbaiki sikap kita agar kita selalu dijaga dan dibimbing Allah SWT di setiap langkah kaki kita, tuturkata kita, dan pemikiran kita.

“Nilailah orang itu dari segi agamanya… kalau agamanya baik, insyaallah baik pula sifat dan tingkahlakunya” nasehat dari (alm) bapak.

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS. Al-Israa’: 70)



NB: Sekali lagi, tulisan ini hanya sebagai pengingat saya di saat saya khilaf. Dan jika pembaca menyukainya, saya ucapkan banyak terima kasih! *tulisannya agak ngawur – keluar dari temanya ^__^

4 comments on “Don’t judge a book by its cover

  1. iseng2 blogwalking…eh nyasarr di blog ka fadhill de..:D
    yepp..setuju…and Don’t Judge a person “just” by it’s facebook profile too..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s